6 Cara Bertanam Secara Hidroponik

6 Cara Bertanam Secara Hidroponik
KategoriArtikel
Di lihat66 kali
Harga (Hubungi CS)
Beli Sekarang
6 Cara Bertanam Secara Hidroponik

6 Cara Bertanam Secara Hidroponik

Metoda hidroponik yaitu budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.  Bertanam hidropnik ada beberapa keuntungan diantaranya tidak memerlukan tanah sebagai media tanam, lahan yang diperlukan tidak terlalu besar, tidak mengikuti musim tanam, keseimbangan nutrisi bisa diatur secara tepat, dan hasil yang lebih berkualitas,

 

  1. Nutrien Film Technique (NFT) 

Sistem hidropnik ini berjalan dengan cara memberikan nutrisi kepada tanaman melaui aliran air yang tipis (film)

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Piva PVC/talang air, rockwool, sumbu (kain vlanel), netpot, pompa air, selang, bak penampungan, nutrisi, sumbu (kain vlanel)

  1. Wick System

Wick system atau sistem sumbu adalah metode hidroponik paling sederhana. Cukup menggunakan botol plastik bekas atau wadah lainnya sebagai tempat nutrisi. Antara netpot tanaman dengan air nutrisi di beri sumbu. Cara kerjanya mirif kompor minyak tanah. Cara ini paling mudah dan murah.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Botol/wadah plastik, rockwool, netpot, sumbu (kain planel), nutrisi, benih tananaman

 

  1. Floating System

Floating system atau rakit apung. Prinsip hidroponik ini adalah tanaman diapungkan diatas larutan nutrisi dengan bantaun styrofoam sebagai penopangnya

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Bak Penampung, styrofoam, rockwoal, netpot, sumbu (kain vlanel), nutrisi, bibit tanaman

  1. Ebb and Flow 

Sistem Ebb and Flow disebut juga sistem pasang surut. Pada sistem ini larutan nutrisi diberikan dengan cara mengenangi wilayah perakaran pada waktu yang ditentukan. Setelah cukup waktu larutan nutrisi kembali dialirkan ke bak penampungan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Pompa air, Rak tanaman, selang/piva, nutrisi, bibit tanaman,

 

  1. Drip Irrigation

Teknik hidroponik ini menggunakan prinsip irigasi tetes untuk mengalirkan nutrisi ke wilayah perakaran tanaman melalui selang irigasi menggunakan dripper yang diatur waktunya dengan timmer

Media tanam sistem hidr0ponik ini batu apung, pasir, serbuk gergaji atau gambut yang berfungsi sebagai tempat akar berkembang dan memperkokoh dudukan tanaman.

Alat yang diperlukan:

Pompa, Selang/piva PVC kecil, Media tanam, Wadah Plastik (Ember, Pot, , dll), Bibit Tanaman

 

  1. Aeroponik

Aeroponik bisa diartikan sebagai bercocok tanam di udara, karena akar tanaman diposisikan menggantung di udara dan larutan nutrisi diberikan dengan cara disemprotkan atau pengabutan. Penyemprotan dengan cara menggunakan pompa bertekanan tinggi sehingga menghasilkan buturan air yang sangat halus atau mirip kabut. Penyemprotan dilakukan berkala menggunakan Timmer (pengatur waktu)
Alat dan bahan yang diperlukan :
Piva PVC, Styropoam, Pompa, nozel, Bak penampung

tags: ,
  • 6 Cara Bertanam Secara Hidroponik